Pho

Berbahagialah mereka yang tinggal dekat dengan gerai Pho Hoa. Kopinya yang netes-netes dan bikin deg2an, fresh springroll-nya, atau sup ngebul pake toge seger dan daun ketumbar a.k.a. daun bangsat.

Kalo saya sih, nasibnya tinggal jauh dari tukang Pho Hoa, jadi daripada ngigo sambil ngiler, mending surping2 cari resep.

Bahan:
  1. 0,5 - 0,75 kg tulang sapi (yg ada sumsumnya lebih enak, buntut juga boleh)
  2. 3 l air
  3. 2 bh pekak (star anise)
  4. 1 bawang bombay
  5. 3 btr bawang putih
  6. 1/2 sdm merica hitam
  7. 2 sdm kecap ikan
  8. flat rice sticks (mie vietnam warna putih), rebus sesuai petunjuk kemasan
  9. daging sapi, iris tipis
  10. daun bawang, iris tipis
  11. daun mint
  12. daun ketumbar (coriander/cilantro)
  13. jeruk lemon untuk perasan


Cara:
  1. Tusuk bawang bombay dan bawang putih dengan tusuk sate, bakar di atas api sampai mulai menghitam. Atau boleh juga di grill.
  2. Masak semua bahan kuah (no 1 s/d 7)sampai mendidih, lalu diamkan dengan api kecil sampai 1.5 - 2 jam.
  3. Susun mie rebus dan daging sapi iris di mangkuk, siram dengan kuah mendidih.
  4. Taburi daun bawang, daun mint, daun kemangi, dan perasan air jeruk lemon


PS.
Resep ini sih dpt dari internet, kayanya resep dasar. Variasiin aja biar mirip Pho Hoa, pake bakso sapi, tauge, dan saus hoisin. Bisa juga diganti ayam.

Reacties

Eliza zei…
Deze reactie is verwijderd door een blogbeheerder.
Anoniem zei…
wen, untung disini banyak yg jual pho, jadi nggak usah bikin. mana murah lagi, semangkok gede cuma US$4.50-5.50. banyak bangsat-nya..eh salah, daun bangsatnya..yamm.
frufundersam zei…
pho hoa aiiiyaiiiyaiii wen ampun deh pagi2 dah ngiler nie daku :)
Anoniem zei…
hhhmm...liat photo pho hoa jadi lafeerrr...
dikau ternyata jago masak yaa...
Lilia zei…
Hi wendyyy...
Thanks buat resep Pho-nya
saya mo coba2 masak tapi males cari resepnya mulu n lupa hihihi
Ternyata harumnya karena anise star yah. Disini seh banyak vietnamese restaurant n gue demen ama Pho-nya mereka. Juga vietnamese cold rice vermicelli yg dikasi bbq beef, spring rolls, bbq pork n pork loaf enak loh, mana sausnya merah n rasanya asam2 manis.
sexy chef zei…
wen, udah ngabarin emak-mu blom, bahwa dikau sekarang jagoan masak?.. bener2 degh ini murid mo nyalib suhu2nya. tapi ai bangga degh.. slurp abis nih pohoa, tapi sih suami ai lebih doyan, kalau ai sih lebih doyan mie GM..
Anoniem zei…
Belum pernah denger tentang Pho Hoa sebelumnya. Tapi kayaknya seger banget deh. Kapan2 buat aaaahhh..untuk sementara, ngeces dulu gw liat fotonya :P
Ngomong2 pekak yg kayak gimana sih Jek?
Anoniem zei…
Wenn.. kapan pulkam lagi? Jekih titip gw deh hehe..! Komen gw kayaknya lari dari topic yah.. abiz gemezz lihat tatapan jekih dibawah ini..
Anoniem zei…
Wen. liat pic-nya aja gue dah ngiler, mana kamar gue dingin lagi... asli gue jadi laper liatnya :((

Populaire posts