zondag, september 04, 2005

Riwayat Bikin Muffin

Gw mah udah biasa gagal masak ato bikin kue. Jadi wajar-wajar saja gw bikin muffin sampe 3 kali karena penasaran, dan baru ketiga kalinya oceh, meskipun dari soal bentuk belom seksih bener. Ah, EGP, yang penting bisa dimakan.
Hikmah muffin gagal, yaa selain bisa belajar, anjing2 pun senang.

Analisa kegagalan:

1. Keasinan. Biasalah, gw memang suka bermasalah dengan garem. Masalahnya tu resep berbahasa Jerman. Setelah diskusi dengan Hubki (yg juga gaptek) soal kadar garam, akhirnya disepakati, mungkin artinya 1 sendok peres. Ya gw tuang aja sesendok makan garem ke dalam adonan. Makkkkk!! Tu muffin bikin darah tinggi dah, asin bener.
Ternyata setelah gw tanya ke Mbok Rah, arti resep itu sebenernya cuma sejumput garem!! *pingsan di tempat*
Tapi bentuk dan tekstur muffin gagal ini bagus pisan! Cuma rasanya yg tidak bertanggungjawab.

2. Bantet. Pake resep sama yg bahasa Jerman itu (yg gw dapet dari kemasan waktu beli loyang muffin, hehe). Rasa oke, lahhh... bantet kuwe guwe (rhyme nih, rhymeee). Tetep senang lah, anjing2 pun seneng, muffin bisa dipamer di tempat kerja. Muffin asin pun gw pamer, apalagi muffin bantet lah.
Tp sebenernya gw gak tau kenapa bisa bantet, wong adonan sama, resep sama, loyang sama. Piye, tho?

3. Sukses. Pake resep lain. Minjem buku dari perpus ketemu resep muffin yg fleksibel banget. Jadinya tu muffin agak2 moist (bukan bantet lho) dan enak isinya bisa ganti2 sendiri. Daku senang, orang rumah senang, cuma anjing2 berduka. Nasibmu, jing!

Nah sekarang daku mo nulisin resepnya. Berhubung daku bikinnya pake apel dan kismis dan bubuk kayumanis, ya jadinya resepnya seperti ini. Tapi apel kismis bisa diganti buah2an lain, terserah lah. Mo ganti pake kacang atau walnut cincang, nenas, jeruk, frambozen, terserah! Trus tepungnya bisa diganti separo pake havermout kalo mo bikin versi berserat tinggi, dll.



Muffin Apel

Untuk 12 buah

Bahan:
  • 250 gr tepung
  • 125 gula palem (atau gula pasir)
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 250 ml susu cair
  • 50 gr mentega dicairkan, atau 50 ml minyak goreng
  • 250 gr campuran apel dipotong kotak2 dan kismis (kalo suka)


Cara:
  1. Wadah 1: Campur tepung, gula, baking powder, garam, dan kayu manis. Aduk rata.
  2. Wadah 2: kocok telur kemudian tuang susu dan mentega cair/minyak. Aduk rata.
  3. Tuang adonan wadah 2 ke wadah 1, aduk sampai rata. Masukkan potongan apel/kismis, aduk.
  4. Tuang ke dalam cetakan muffin yang sudah dioles mentega (atau pakai papercup)
  5. Panggang di oven bersuhu 200 derajat c selama kira2 20 menit.
  6. Jadi deeeehhh.

another day goes by when W scribbled at 10:20 a.m.

19 Comments:

Anonymous sa said...

akhirnyaaa... jadi juga :)
wen, dakuh punya muffin favorit. cuman.. ya gitu, tinggal makan. kekeke.. ada yg bikinin. sekalian kenalin yakh. inih temen dakuh yg tinggal di jerman. klo doi nginep di rumah, dakuh minta bawa muffin. horeee.. erg lekker.

*duh kangen muffin*

10:43 a.m.

 
Blogger rieke said...

wen..
semua orang memang harus melalui dark side koq, jangan patah semangat.. go wendy go wendy.. dakuw aja kalau udah bikin kue or cake kadang sukses kadang gagal, padahal kata temen gw bikin kue itu gampang karena pasti *ukurannya berapa dslbnya* kata gw bikin kue itu un predictable.. tapi gw teteup semangat.. HIDUP GARAM

11:33 a.m.

 
Blogger keluarga traa said...

kl aku sih wen, suka tak icip aja garam di adonan tuh kira2 adonan segitu garamnay seberapa. biasanya mulai dr 1/2 sdt. aku kan anarkistis, slalu gak percaya 100% ama resef2. lanjut. karena indra pengecap tiap orang lain2 dus rasa asin tiap orang kan lain2 dus aku pake PERASAAN dan ngelmu kira2 aja. sampe rasanya fas gitchu di lidah tak bertulan kita ini. kapan hari bikin baso jg keasinan ya wen. hehehe. yang demen ya anjing2 ya wen.. kl bantat muppinnya jangan buat nimpuk anjing ya wen.. hihihi. niwei, lagi asyik baca karen armstrong, de geschiedenis van god. kesimpulan : posseeeng, bahasa londonya wangel (si inot belagu sok nglondo malah tepar gak ngarti si armstrong kamsdudnya apa tuh nulis cek angele..)

11:44 a.m.

 
Blogger rieke said...

jeng wendy *gaya ibu2*
barusan dari forum, eh wen kalau soal buat kue ai mah juga gaptek, jadi jangan diikuti tuh saran gw, ikuti aja si debt.. *hihi maap sok tau gw* .. oke selamat masak biar huub makin cintrong sama the one and only wendy..

11:55 a.m.

 
Anonymous Anoniem said...

I suka muffin, kamu tekad banget, coba resep lain, akhirnya jadi juga jek. tidak sia2 yah :) I sekarang lagi gag mood masak gara2 rantangan, bawaannya jadi malas masak. padahal dah beli mixer buat bikin kue. piyeee dunk :P

yuliana
http://sinarta.com

4:09 p.m.

 
Anonymous Anoniem said...

kamu sih orgnya pantang menyerah ya jek, gagal sekali coba terus, kagum aku :)

ngomong2 sebelum dipanggang, ovennya dipanasin dulu kan?

++tongbem

8:23 p.m.

 
Anonymous Juju said...

wehh wehhhh gilaaakk..ebad lu bangggg, ck ck ck,saluutt *ikon sembaaah*

looks yummy jg..ga punya cetakan muffin,hikss!

11:56 a.m.

 
Anonymous ita said...

sip..sip..sukses juga kau bang. Cinta mungkin garamnya sama kau bang..hehehe.. ngomong2 di kirim napa muffinnya?

12:01 p.m.

 
Blogger aprilisa said...

Kesini gara-gara ngeliat foto muffin gagal *pengen ketawa* sama yg sukses *bikin sirik* hehehe..

di blogfam...

Sayangnya gw belom punya oven, jadi gak bisa ikut-ikutan bikin.. hehehe

12:43 p.m.

 
Anonymous sa said...

wennnnnnnn... gara2 dirimuh. dakuhpun mencoba choco muffin. :lol:
di forum ya, wen. sama choco chipsnya.

7:42 p.m.

 
Anonymous njun said...

Wen, itu telornya lu kocok pake mixer ngak? (di resep barumu yang hasilnya bagus)
Gue pernah nyoba ngocoknya pake mixer sampe ngembang, hasilnya jadi bleber ngak puguh (maap, seperti poto mupinmu yg gatots)

Iya emang gue juga aneh, kadang nyoba resep udah ati-ati ngikutin petunjuk dibuku tapi hasilnya beda.

11:06 p.m.

 
Anonymous ria said...

muffin kamu bagus banget bentuknya...aku suka makan muffin...tapi klo buat gak bisa sama sekali...hihihihi...

ternyata klo gagal masak para anjing dapat berkat yaa...hihihihihi...^^

3:17 a.m.

 
Anonymous sa said...

wen, benul, nyari chocolate chips di londo susyeh. judulnye doank negara banyak coklat, choco chips aje kagak ade. :D
nemu googling. ada jual di ams, wen, jualnye di toko asia. nyang bener ajeh. :lol:
kebetulan tiap kamis daku sll ke ams. ntar nyoba liat ah. klo dapet, mau dikirimin ga?

1:52 p.m.

 
Blogger Flona said...

isinya durennn *duarrr* kuakakakka....gue siy gak doyan duren....gue ampe ngakak baca tulisan elo...asli luc pisann *ngakak*

3:10 p.m.

 
Anonymous Dendy 'Ade' said...

Hhhhhmmmmmm Muffinnnnn... looks delicious.. Kl Ade ke Blanda, km mesti masak yg oke2 ya.. wen.. hohoho..

7:47 p.m.

 
Anonymous Dian said...

loh kok anjing2 pada ga suka muffin yang sukses? apa karena pake apel? kasih si nina aja, dosq doyan apel :D

8:36 p.m.

 
Blogger Febrie Pereiza said...

biar bantet asal jadi wen .. yang penting mah usaha dulu biarpun gak bisa dimakan, tapi kan ada anjing2 ya yang bisa makan .. gw sering tuh bikin kue gak jadi, tp malah bikin gw jadi makin males berurusan dgn yg namanya masak memasak .. wekekekkeke .. tapi kalo jadi beneran daku juga mau lo wen ...

10:53 a.m.

 
Anonymous tongzih said...

hahahaa .. nasibmu berteman pada garam .. lagian mbok cari reesep yg language friendly gitu looh .. ah kamu ini gak belajar dari pengalaman empek2 ya .. mbok adonan itu dicicip gitu looohhhh biar gak terus2an kena tragedi buah apel ..

tapi kegigihanmu baaang patut diacungi jempol kakiiii .. 2 jempol dah !

12:44 p.m.

 
Anonymous Alderina said...

Hai..
baru juga seneng2nya bikin muffin nih.. Thx for de resep ya.. Salam kenal juga... Kalo bantet, kata tanteku, terlalu banyak ngaduk katanya...

Hehehhe.. met kena;

6:54 p.m.

 

Een reactie plaatsen

<< Home