Tentang membaca

Dari kecil dulu, kalau dengar kata membaca ya pikiran saya larinya ke buku, majalah, koran - atau media cetak lainnya yang bisa digenggam, dibolak-balik, dinikmati sambil tiduran, sambil ngeden di wc, atau sambil kelonan. Tapi sekarang banyak hal lain yang bisa juga dibaca tanpa melibatkan media cetak. Blog, misalnya. Atau koran online. Majalah online. Dan yang akan saya coba sekarang; buku donlod-an dalam bentuk file pdf dan audiobook dalam bentuk file suara.

Kemampuan bersiasat dikombinasi dengan bakat pelit a.k.a. hemat membuat saya rada anti membeli buku fiksi dengan tingkat kenikmatan sekali-pakai-buang *tissue kaliii*. Siasat kancil mencuri ketimun pun membawaku ke perpus. Kalau di perpus gak berhasil, cari di marktplaats (yg ngetopnya setara dengan e-bay di sini). Ketika respon dari marktplaats tak kunjung datang, terpaksa saya mencoba alternatif lain; donlod.

Begitulah. Kini saya mendapatkan 2 buku yang saya cita-citakan, dalam tampilan yang mengharuskan saya memelototi monitor, atau ngotot nge-print 300 halaman pdf per buku. Dan saya pun rada pengen tau, sama nikmatnyakah baca buku dalam jelmaan baru ini, atau buku format lama tetap lebih mantap dan gak ada matinya? We'll see ...

Reacties

si inot zei…
dear wen, kl suka ngepritn donlod-an ampe 300 pages, lagi ada aanbieding laser printer 80 euro pake toner sekali pake untuk 2000 pages. ada epson atawa HP. duh yang baru balik dari my com.. enak euy disana bisa ngupi gratis mau mokka atau capuccino atau choco ada kabyeh dan.. ada toiletnya pulak ! en yang kerja disana baik2 dan ramah2 gak kaya di media markt yang tukang jualannya kayak preman dan males ngelayani pembeli.. kl retno ke wage pengen pulak daku ketemuan ama wendy. ikutan yach.. gak resmi kopdaran cuma pengen ketemuan doang dan ngobrol2...
Anoniem zei…
hihihih, sama jek, gw kemarin itu jg ada tuh dpt pdf file dr MRS IT,baca dikompi ga kuat booo..akhirnya gw suruh si beruang,tiap hari ngeprint 10 hal dilabnyaaaa..bener² ogah rugiii,hhaohaohaohaoa...tp akhirnya ga nahan jg sih..
Anoniem zei…
mending diprint, jgn baca dr monitor, gak betah bener, kalo di print kan bisa baca sambil tiduran, di toilet, di kereta :p

duh tukata kok gak lulus ya, aku turut berduka cita. senen besok juga ada murid yg abis gagal dan ikut ujian lagi, kata guruku dia nervous bgt, jd kayak serabutan nyetirnya. semoga dia dan tukata lulus lg nanitnya.

senen jam 10.30, mantra kutunggu yak ;)


++tongbem
Lilia zei…
Hihihi... gue seh minjem ke perpus sini Jek, soalnya banyak koleksinya, buku2 baru ada tapi harus antri dan bayar sedolar ato nunggu2 ampe dibalikin n cepat2 minjem kalo beruntung sebelon diambil orang.
Akhirnya saya malah beli buku2 yg saya suka baca karena nikmatnya baca sambil bobo ato di kereta (ga mao bengong2 di kereta).
Anoniem zei…
kalau aku suka tukeran buku di 2nd book shop sini .. jadi kalau beli nopel, udah bosen, tuker sama buku yg ada di sini .. kesimpulan, modalnya cuma 1 nopel .. beli aja di toko buku kalau lagi ada bargain .. wahahahah .. ogi banget ga seh !?

kamu penggemar e-book juga rupanya ya njek .. kalau mau nih, belilah sebuah PDA jadi bacanya di pda .. hihihi .. ogut punya ratusan judul e-book nih .. kalau berminat towel2 yak ..
Anoniem zei…
ternyata loe suka baca membaca juga ya Wend :)...sama atuh, kalo bingung yg paling ogut sukain itu menyendiri trus baca, apa ajahhh :)..tapi kadang bosen jugalah he he :)..fijne zondag :)

XXX Shierly
http://members.home.nl/shierly/blog.html
Anoniem zei…
haha.. jadi inget dulu sempet nge-print ebook dalam format pdf setebel 1200 halaman :))

tapi emang lebih asik baca hasil printing daripada melototin layar monitor :">
Flona zei…
Waiyoh...kalo daku sih nyerah deh kalo suruh melototin monitor, capek kann, kalo ngeprint, jatohnya apa gak lebih mahal ya?
Anoniem zei…
2 buku itu apa sih judulnya? apa gak cape melototin komputer? dah, elo sih enak gak ada anak, kagak digangguin tuyul kecil...gw mah pinjem aje deh di library.
videonya gak ada di tempat minjem video? gw gak tau cari dimana, kecuali beli lewat online.
Liana zei…
Hah! ngeprint sebanyak itu? panas dunk printernya hehehehe:)
Aku dah lama banget gak beli buku, terakhir beli buat Nathan doang...hihihi...Harry Potter yang terakhirpun baru seperempat halaman, dari hamil ampe Nathan seumur skrg blum abis2.

Satu2nya kesempatan buat baca, ya dikantor. sambil melototin layar komputer. paling2 kalo ada file2 kesehatan penting baru deh print, maklum emak2 baru, jadi rada haus ama info kesehatan anak. Kesian sih ama mata, abis itu kucek2 mata, bulerrrr...
Lisa zei…
Wah, kalo daku ke perpus disini rada refot. Soalnya kebanyakan bukunya dalam bahasa dan tulisan lokal... Sedangkan gue baru hafal beberapa alfabet doang..hehehe

Populaire posts