woensdag, april 20, 2005

Serabi Saus Pisang



Mengingat:
Hari Kartini yang diperingati oleh BlogFam diramaikan dengan Lomba Memasak Virtual;

Menimbang:
Kemampuan memasak saya yang pas-pasan dan ketersediaan bahan-bahan di warung dekat rumah;

Memutuskan:
Membuat serabi telur dari resep mbah Tutup Panci yang telah dimuat di Info Dapur Blogfam pada tanggal 13 Oktober 2004, dengan modifikasi sedikit jadi serabi saus pisang.

Kenapa saus pisang? Karena di resep asli seharusnya saus gula diaromai dengan daun pandan, tapi saya warung saya gak jualan daun pandan. Adanya pasta pandan yg warna ijo. Kalo ini dipakai, nanti sausnya jadi warna coklat ijo. Blehhh.

Akhirnya pasta pandan dipakai untuk adonan serabi, dan saus gula pun diberi aroma khas dengan potongan pisang (perasaan dulu pernah makan serabi saus nangka. nah karena nangka gak ada juga *ih serba gak ada diriku ini*, ya pisang juga enak thooo..). Sekian dan terima kasih.

Ini dia caranya.

BAHAN SERABI:
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 300 ml santan kental
  • 1 butir telur
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1/4 sdt garam

BAHAN SAUS:
  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula jawa, sisir halus
  • 1 buah pisang matang, potong dadu
  • 1/4 sdt garam



CARA:
  • Ayak jadi satu tepung terigu dan baking powder.
  • Kocok santan, telor dan 1/4 sdt garam sampai berbuih.



Masukkan tepung sesendok demi sesendok sambil dikocok dan tercampur rata. Masukkan pasta pandan, kocok lagi sampai merata.


Diamkan adonan selama 1 jam. Sementara itu, mari membuat saus pisang.


Didihkan semua bahan saus. Setelah mendidih, masukkan potongan pisang. Didihkan kembali selama 1 menit. Setelah itu matikan api dan tutup panci (beneran ini instruksi untuk menutup panci. Bukan lagi manggil Bu Tutup Panci, heheh..)


Sudah 1 jam kah? Kini saatnya menggoreng serabi.


Panaskan kl 2 sdm minyak dengan api sedang. Tuang kira-kira 3 sdm adonan, tunggu sampai keluar lubang-lubang kecil di permukaannya, tutup wajan sampai adonan matang. Angkat.


Serabi siap disajikan bersama saus pisang. Mmm... lekkerrrrr!

another day goes by when W scribbled at 11:08 p.m.

22 Comments:

Blogger ika said...

waaahhh .. tak kusangkooo .. njek begitu femininnya memasak ... *2thumbs*

tapi ko ya ogut dipanggil mbah seeh ... *cetuk njek*

good job bang .. tengkyuh udah pertisisapiiihhh ... tunggu keputusan dewan juri yang sangat terhormat .... *LOL*

12:37 a.m.

 
Anonymous Anoniem said...

njekkk. aku malah tertarik sama jam tanganmu. hihihi.
tetapi serabunya look yummyyyy.

-maknyak-

12:42 a.m.

 
Anonymous njun said...

Huahahaha.. begadang juga akhirnya ya Jek.
Bagus jek hasilnya, pake jam tangan segala :D

1:44 a.m.

 
Blogger Eva said...

wah semuanya pada pasang makanan nih..asikkk..hohoho,serabinya menggiurkan wen..lom pernah nyoba yg pake saus pisang..creative sekaleee

btw,tak kira tuh jam tangan salah satu bahan2nya...hihihi

Gut lak..

2:56 a.m.

 
Blogger vivianty said...

good..good..good.... tunggu hasil penilainnya tgl 26 april ye... berdoalah...

3:48 a.m.

 
Anonymous Anoniem said...

hahaha...sorry jekkkk....daku malah tertarik sama jam tangannya..mereka apa tuhh yah....swatch yahhhhh

yuliana

5:12 a.m.

 
Blogger -syl- said...

Wuih kereeennn!!! **ambil mangkok**

5:17 a.m.

 
Anonymous ita said...

gitu yaaa...kite2 gak boleh nunggu, eh selesei juga..ampe jam 12 tuh..hihihi.. Okeh banget deh Jek..dikau begitu kreatip..:)

7:36 a.m.

 
Blogger aiko's mom said...

gila bang.. ternyata jekih jek hebat euy:) heran dah yang ginih dibilang punya pengalaman aib dalam permasakan:)
btw, bang ituh jam ikut dipamerin? atiĀ² keliatan aiko bakal diminta luh:) kekekekekeke.. gutlak yah nak:)

8:39 a.m.

 
Blogger rieke said...

wen, speechless what can I say.. engkau memang kartini masa kini..

9:22 a.m.

 
Blogger Mama Rafayra said...

kreatip banget deh jek.

pake jam segala.

jek emang tob

9:46 a.m.

 
Anonymous Anoniem said...

he he..baunya ampe kesini wen..pake jam segala itu..wahh semoga menang deh ;)..gw intip recep-nya aja yak ;)..thanks for shared :)

XXX Shierly
http://members.home.nl/shierly/blog.html

10:20 a.m.

 
Anonymous Anoniem said...

asyiiikk disini jg ada makanan.. yummy! hihi.. pokoke ibu2 blogfam cihuy semua deh, met hari kartini ;)

-YNa-

11:32 a.m.

 
Anonymous sherly said...

ngilerrrr akuuuuuuuuuuu.......

3:35 p.m.

 
Blogger sa said...

iya nih. kita saingan ya, wen. hihihi... ole ole ole ole.. ole ole.. *lah.. jd melondo*

6:32 p.m.

 
Blogger familjen dettmer said...

lam kenal n sukses ya wen :)

daku naksir dua2nya srabi dan jam ;)

6:47 p.m.

 
Blogger Aimee said...

jekijek..kok ga bikin sambel krecek ajeeeee?

keren gileee...gw mah suka ama jam tangannya jek...//kaburrrrr

9:35 p.m.

 
Blogger durin said...

trus, kapan jam tangannya dimasukin ke adonan? :D

9:47 p.m.

 
Blogger Flona said...

waiyoo masak lagiiii, jadi pengen masak daku ini

2:08 p.m.

 
Blogger susje said...

waaaa.... serabiii idjooo.. akoe maoe duong njonjahhhh Djekiiiihh

4:11 p.m.

 
Blogger nova said...

weeennn.. selamat yaaa!!! juara euy diaaa.. ebaddd!!! :)

2:53 a.m.

 
Blogger BundaZidan&Syifa said...

wendiiiiiiiii... udah bisa bikin gerai serabi dooong di depan rumaah.. serabi hangat.. serabi hangat... ayo ayo.. siapa mau coba... selamat yaaaaaaa... :)

3:06 a.m.

 

Een reactie plaatsen

<< Home