Penyakit Kurang Matahari

Kehilangan matahari memang bisa menyebabkan macam-macam penyakit. Setelah mengamati moment-moment kesenangan dan kesebalan saya, sepertinya semua merujuk ke gejala penyakit kekurangan matahari; pikiran suntuk kalau melihat kabut dan awan tebal di luar jendela, badan kejang-kejang kalau melihat gambar pantai tropis, pikiran berada di belahan bumi lain di mana matahari garang bersinar, dll, dsb.

Di internet saya menemukan istilah kerennya. Seasonal Affective Disorder (SAD) a.k.a. winter blues. Orang-orang yang terserang SAD ternyata 70-80% wanita, dengan usia berkisar 30-an. Iih gw banget deh. Gejalanya antara lain depresi saat winter datang, susah bangun tidur, banyak makan yang manis, dll. Baca deh di sini.

Ya gimana nggak bete. Masak angetan ngendon di dalam kulkas daripada di luar rumah!?! Beruntunglah tetanggaku yang sedang pulkam. Pulkam mungkin obat paling manjur buat menghindari gejala winter blues. Aku rasa sekarang si tetangga sedang mandi sinar matahari sambil kipas-kipas kepanasan dengan keringat sebesar biji jagung, ooooh enaknyaa ... Cepetan balik!


Kasian si laba2. Rumahnya beku ...

Reacties

Lilia zei…
Wennnnnnnn... ada2 saja dikau hihihihi, tuh ada treatment-nya salah satunya Kegiatan outdoor, hayoooo... keluar sanaaa, jogging, sepeda-an ato main2 di park, ntar keluar keringat kaya butir2 biji peas.

kanata-kara
MCS zei…
lha jek,lu sendiri kena winter blues gaaa..gw disini biasa² saza siy,msh cerah ceria en tetep ambekan,cuma klo keluar iyee dinginn..makanya jgn lupa sarung tangan sama topi yeeee
Anoniem zei…
Jek kalo lu kena winter blues, kesini aja jek *hahaha sama aja boong ye, canada kan sadis, mataharinya jarangggg banget*

Jek, lu piara spiderman yah *gemes gue sama si spidey pengen gue gigit dagunya*.

Huehehe jekijek membuat pengakuan di blogku, euy. Hayo buat pengakuan lengkap beserta tanggal kejadian dan korban :oD

j_si
rwidiani zei…
hoi jek!

jgn dibaca2 tuh soal winter blues, ntar kepikiran dan jadi sakit beneran lho! just relax and keep on moving, cuekin aja itu cuaca, kalo ditanggepin, malah tambah menyiksa dia.

daku blm bisa ceting ni jek, biasa internet primitif, perlu kesabaran lama hehehehe...
gimana rencana jalan pas taun baru? jadi gak?
jgn lupa ceritanya yaa..

miss you too dude
sexy chef zei…
wa aye mah taunya baby blues.. sama laper blues.. atau kalau winter ente mudik aja wen, panas2an deh di kampung.. eh tante wendy janji mau terjemahin apa sih? kalau kulit panekuk aja sih ga usah deh mending aye beli yang udah jadi.. selamat kelon2an deh biar winter bluesnya pigiii
tjepot zei…
met kenal ya bu....:)
ika zei…
wah kacau juga tuh SAD .. ga boleh pajang2 foto pantai dong di blog gue ?? heueheue ..

kalau di sini mungkin gue mengalami gejala kelebihan matahari .. gejalanya, kulit menggelap .. kepala cenut2 terus, kalau nyetir tangan ditutup biar ga belang .. heuheue . oiya mungkin bulan depan tagihan listrik akan melonjak karena si ac kaga berenti2 nyala .. hiks hiks .. we'll see what happen ! :((
sexy chef zei…
wendy yang lagi ke-kuranga-an matahari, saya ada menyebut-nyebut namamu coba liat deh click ajah hihi jan marah ya schat *eh bener ga ya tulisan and artinya?*

Populaire posts