dinsdag, mei 11, 2004

Bintang lima

Berbahagialah para maling, garong, pembunuh, pemerkosa, drugs dealer, dll yang dipenjarakan di Belanda. Sel penjaranya mungkin lebih mewah dari kamar hotel kelas melati di Indonesia. Dan dalam 1 sel nggak pernah lebih dari 1 orang. Tahun lalu ada usulan untuk memasukkan 2 inmates dalam 1 sel karena keterbatasan tempat, tapi usul ini diprotes banyak orang. Katanya tidak manusiawi, tidak memperhatikan privacy si napi. Lha, ini penjahat, lho!
Penjara kan bukan hanya hukuman isolasi fisik. Berada di penjara berarti juga kehilangan banyak hak lain seperti (tentu saja) kebebasan, privacy, memilih, dll. Kalau semua hak ingin dipertahankan, ngapain ada penjara? Check in aja ke hotel.

Hari Minggu 8 Mei kemarin sebenernya ada open house beberapa penjara di sini. Yang kepengen liat2 penjara ternyata mesti daftar dulu, dan gw telat. Daftarnya udah penuhhh... Tapi masih bisa sih liat penjara virtual di sini.

another day goes by when W scribbled at 8:16 a.m.