vrijdag, november 22, 2002

Tentang Musim Semi



Sebentar lagi saya berangkat ke museum bareng Wan Hsiu dan Yvonne. Wah, mesti jalan kaki karena cuma saya yang gak punya sepeda. Tapi kan pulangnya dijemput Huub, jadi asik2 aja, berjalan2 kaki dahulu, naik-naik mobil kemudian. Kita hari ini sudah pake baju rapih dan cantik untuk museum opening. Mudah2an gak boring.
Barusan Laura Fygi nyanyi, I'll sing to him, bring spring to him ... hmmm.. bagus ya kata2 itu, bring spring to him. Saya suka spring, di mana2 warna warni bertebaran. Tahun lalu di hari pertama spring saya tersentuh dengan bunga2 rumput yang bermunculan di taman yang selalu saya lewati tiap siang jam 12.15. Hari itu tiba2 saya melihat bintik2 putih kecil muncul di hijaunya rumput. Ah bagus sekali dan tepat sekali momen-nya dengan hari pertama spring. Apakah bunga2 rumput itu juga tau, "Hei, ini saatnya kita muncul", in all their glory. Saya kepingin bisa melihat bunga2 rumput itu dari kacamata Rabindranath Tagore. "Sekolah Bunga"selalu bikin saya terkagum2 dan senang. Koq bisa ya ada puisi yang ditulis dengan sedemikian penuh cinta dan kenaifan yang tak berbahaya?
Kalo gitu sekarang saya cari dulu deh puisinya.

The Flower-School

When storm-clouds rumble in the sky and
June showers come down,
The moist east wind comes marching over the heath
to blow its bagpipes amongst the bamboos.
The crowds of flowers come out of a sudden,
from nobody knows where,
and dance upon the grass in wild glee.

Mother, I really think the flowers go to school underground.
They do their lessons with doors shut,
and if they want to come out to play before it is time,
their master makes them stand in a corner.
When the rains come they have their holidays.

Branches clash together in the forest,
and the leaves rustle in the wild wind,
the thunder-clouds clap their giant hands and
the flower children rush out i dresses of
pink and yellow and white.

Do you know, mother, their home is in the sky,
where the stars are.
Haven't you seen how eager they are to get there?
Don't you know why they are in such a hurry?
Of course, I can guess to whom they raise their arms,
they have their mother as I have my own.

- Rabindranath Tagore

another day goes by when W scribbled at 1:46 p.m.