Hari Panekuk

Hari Sabtu adalah panekuk day di rumah. Jadi kalau tidak ada aral melintang atau godaan iman mendadak, hari Sabtu di dapurku pasti wangi panekuk sampe keluar-luar. Bikin Jekih dan Brenda setia menunggu di samping kaki kalo gw lagi masak.

Topping atau isinya bisa beda-beda, tapi pada dasarnya resep panekuk itu gampang banget. Ini panekuk belanda loh, yang mungkin posisinya antara pancake amrik yang tebel, dan crepes prancis yang tipis. Tebel-tebel kagak, gitu.

Panekuk bisa disajikan manis (dengan apel, sirup karamel, cherry, pisang, es krim, saus coklat, selai stroberi, dll) atau asin (dengan daging asap, bawang, jamur, ragout, keju, paprika, dll).

Resep dasar panekuk

BAHAN:

  • 3 butir telur
  • 500 gr terigu
  • 1 liter susu
  • 1/2 sdt garam


CARA:

  • Kocok telur
  • Tuang susu, terigu dan garam
  • Kocok sampai tercampur rata
  • Panaskan mentega dengan api sedang di penggorengan datar
  • Tuang adonan secukupnya, sampai dasar penggorengan tertutup
  • Tunggu sampai permukaan panekuk agak kering, balikkan dan panggang sisi sebaliknya sampai matang
  • Tumpuk panekuk di atas piring/pinggan hangat, sajikan dengan pilihan topping


VARIASI:
  • Panekuk apel: tambahkan 1 cup gula pasir dan 1/2 sdt bubuk kayu manis di adonan. Cara memasak: tuang adonan di penggorengan, susun beberapa irisan tipis apel di atas adonan, tunggu sampai agak kering baru balikkan.
  • Panekuk daging asap: tumis potongan daging asap, rajangan bawang bombay, jamur dengan mentega. Campur ke dalam adonan.
  • Panekuk isi ragout: biasanya sih gw beli jadi ragout kalengan. Kalo ga ada, bikin: cairkan 60 gr mentega, masukkan 60 gr tepung, aduk dengan api kecil sampai tercampur rata dan biarkan mendidih selama 2 menit. Tuangi dengan 1/2 liter kaldu (boleh kaldu asli atau pakai kaldu blok). Aduk dengan api kecil sampai mengental. Angkat & oleskan di panekuk. Ragout bisa divariasi dengan bawang bombay/irisan daging/jamur.
  • Gampang, kan? Variasinya banyak sekali sih. Kayaknya ini tipe makanan pasrah yang diapain aja enak. Ekperimen, men!

Reacties

Flona zei…
Horee..nomer satu *bangga* akan sayah praktekan resepnya...sering2 muat resep yah wen...
Anoniem zei…
Bang beli sepiring, tapi panekuknya yang banyak..hehehe.. Pokoknya kalo ke rumah ente, ogut gak mau cuma cium baunya, nunggu bareng Jekih dan Brenda minta dibagi kekekek...
Anoniem zei…
haiyaaa..bijimana sih ini wen???? saya pagi2 kesini..sudah ada panekuk...ogut kan jadi laferrrr. itu yang digambar...pake daging asap + bawang bombay yahh

yuliana
Anoniem zei…
Sep sep..dari gambarnya ketauan banget kalo resepnya berhasil..bakal di praktekin..kalo ada resep gitu, lebih mudah jadinya Sist :-)..

XXX Shierly
http://shierly.blogdrive.com/
rwidiani zei…
siap menunggu undangan makan panekuk :P

jek ikut jadi panitia serah terima gizmo doong, pliis...wendy eh jeki cantik deh ;)
Anoniem zei…
Jek, lu ternyata pinter masak yah. Ntar gw mau ah nyobain bikin panekoek.
Di sini ada lho resto dutch panekoek, edann enak pisan yah itu kue pasrah :D

Wendih, lu jadi pulkam summer ini? confirm yah kalo dah positip *hamiiill kalee pake positip*. Sapa tau lu mau kopdar'an. Mamih jakarte ntar kita minta gelar karpet merah *icon ngakak guling-guling*
Anoniem zei…
Jeki, panekuknya keliatan menggiurkan. Apa kabar nih? Udaranya enak banget yah akhir-akhir ini....
Anoniem zei…
WAAAAAAWWWW... Yummy yummy.. enaknya.. selain kamu bagus foto nya ternyata masaknya bisa juga ya.. calon istri yg pas buat sapapun calon suaminya nanti.. huhuy..
Lely zei…
Halooww emak jekih.. hihiihi... panekuknya menggoda oy.. nah kalo yg ini gue berani deh nyobain bikin.
Anoniem zei…
ck ck ck, minta dong wen.. pantes jarang arisan ya? masak terus buat swamih tercinta.. *coba dong foto hun terbaru mau liat makin montoq ga ya?*

Populaire posts