zondag, juni 20, 2004

Asesoris es krim
Dalam rangka menyambut musim panas yang males dateng, mulailah gw mengoleksi resep yang dingin-dingin asik. Atau bikin-bikin es krim hasil nyontek toko es krim. Yang penting enak dan segerrr..
Rumus mencontek toko es krim itu sebenernya sederhana: es krim kotakan dari supermarket, sirup/saus botolan, whipped cream yang udah jadi, buah-buahan, dan liquor (kalo suka).

Untuk buah-buahan, kalau mau pakai yang segar boleh, tapi suka drastis beda sama es krimnya. Karena manisnya buah segar nggak semanis es krim diguyur sirop. Contohnya strawberry. Untuk es krim, paling enak strawberrynya diproses dulu. Untuk buah2 lainnya mungkin caranya agak mirip2 ya (belom pernah coba sih).

Biasanya gw bikin strawberry seperti ini:
  • Cuci bersih strawberry trus potong2 dan tempatkan dalam toples/mangkok.
  • Taburi gula pasir, air jeruk lemon dan sedikit liquor kalau suka (tequila, vodka, whisky or cognac will do). Liquor ini beneran optional lho, tanpa liquor juga udah enak banget. Ini cuma ngasih aroma dikit aja.
  • Aduk sampai tercampur rata dan diamkan semalaman di kulkas. Besoknya si strawberry udah siap dimakan sama es krim, vla, kue, atau digadoin. :-)


Sirop/saus kental untuk topping es krim juga sebenernya bisa dibikin sendiri. Kalo nggak ada di supermarket, pakai selai stroberi yang dimasak dengan sedikit air gula juga bisa. Atau untuk saus coklat, cairkan coklat batangan di dalam magnetron, boleh dituang sedikit krim cair biar nggak terlalu kental. Mmmm...

Pesan sponsor: jangan tertipu oleh gambar. Ini bukan bikinan gw lho, tapi nyomot dari sini, hehhehe...

another day goes by when W scribbled at 1:56 p.m.